Unggulan

Kelebihan dan Kekurangan dari 6 Ide Bisnis Online Untuk Ibu Rumah Tangga

Untuk seorang ibu rumah tangga, menjalankan usaha milik sendiri (online maupun offline) mungkin tampak cukup menjadi tugas yang menakutkan, mengingat semua tantangan menggabungkan tugas sebagai ibu rumah tangga dengan upaya kewirausahaan. Inilah sebabnya mengapa bisnis online mendapat perhatian yang tinggi; namun, kegiatan ini tetap memiliki beberapa keterbatasan.

image diambil dari: freelancernews.co.uk

Apa kriteria untuk memilih ide bisnis online terbaik yang bisa dikerjakan di rumah?
Tentunya, tidak semua jenis bisnis online cocok untuk ibu rumah tangga. Idealnya, usaha tersebut harus:
  1. Membutuhkan modal yang terjangkau
  2. Cukup fleksibel untuk dijalankan kapan saja atau dari lokasi mana pun
  3. Tidak terkait dengan kerajinan, manufaktur, pembelian, penyimpanan, dan pengiriman produk fisik

Jadi, apa pilihan bisnis online yang bisa anda pertimbangkan?

Berikut beberapa ide bisnis yang dapat anda pilih:

# 1 Pekerjaan freelance 
Berkat platform seperti Fiverr, Anda dapat menawarkan bantuan berbayar kepada orang-orang yang mencari bantuan di bidang pemrograman, desain grafis, pembuatan video, copywriting dan terjemahan, dan hal-hal lain yang bahkan mencakup bisnis dan tugas hukum tertentu.

Kelebihan
  • Semua orang dapat mendaftar di Fiverr dan mendaftarkan akun mereka secara gratis, sehingga biaya awal Anda menjadi nol.
  • Anda dapat memilih pertanyaan klien yang sesuai dengan keterampilan dan minat pribadi Anda, dan juga sesuai dengan peralatan yang Anda miliki saat ini (jika Anda tidak memiliki PC yang canggih, lewati montase video dan bagian desain grafis - tablet atau bahkan smartphone akan cukup untuk melakukan proofreading, atau meninggalkan ulasan berbayar di jejaring sosial, atau melakukan tugas serupa).

Kekurangan
Sayangnya, pekerjaan ringan tidak dibayar dengan murah hati. Untuk mendapatkan keuntungan besar dari kegiatan ini, Anda perlu mengambil banyak sekali proyek kecil, dan secara bertahap membangun reputasi Anda untuk dipercaya dengan penawaran yang lebih mendasar. Tentunya, itu mungkin mengganggu tugas harian Anda.

# 2 Bimbingan online
Pengetahuan Anda, serta hobi Anda, memberi Anda pengetahuan unik dan berharga yang dapat Anda bagikan dengan orang lain - dan menghasilkan uang darinya.

Kelebihan
  • Karena Anda sudah tahu bidang khusus ini dengan cukup baik, Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk mempelajarinya dari awal, yang berarti Anda dapat langsung mulai bekerja.
  • Selain itu, karena Anda menyediakan layanan pembelajaran jarak jauh, Anda dapat mengatur jam kerja fleksibel yang sesuai untuk Anda secara pribadi.
  • Terlebih lagi, Anda tidak perlu membeli perangkat lunak profesional apa pun: pelajaran Skype dasar adalah opsi yang cocok untuk sebagian besar peserta.

Kekurangan
  • Jika area pengetahuan khusus Anda sangat sempit, mungkin sulit untuk mengidentifikasi dan menjangkau klien potensial Anda, dan untuk mempromosikan diri Anda sebagai ahli di bidang ini. Selain itu, bahkan jika Anda tidak akan mengembangkan kursus pendidikan skala penuh, Anda masih perlu meluangkan waktu untuk mempersiapkan setiap pelajaran, dan untuk memeriksa pekerjaan rumah klien Anda.
  • Selain itu, penting untuk memperkirakan kemampuan Anda sendiri: jika Anda tidak merasa Anda selalu dapat bersikap empatik dan cukup sabar dengan siswa Anda sendiri, Anda mungkin mengalami kelelahan.

# 3 Video blogging
Mulai dari artis hingga pemilik kucing eksotis, mulai dari ilmuwan populer hingga astronot, blogger video di seluruh dunia menampilkan minat mereka - dan itu bisa menghasilkan. Anda bisa mendokumentasikan hobi anda menjahit, memasak, atau bahkan aktifitas keseharian anda bersama anak-anak.

Kelebihan
  • Untuk distrubusi video, Anda dapat memilih platform yang gratis dan sangat populer seperti YouTube; cukup mengejutkan, jejaring sosial seperti Facebook dan Instagram juga digunakan untuk tujuan ini secara luas dan berhasil.
  • Karena YouTube adalah milik Google, video yang ditempatkan di platform diindeks dan diberi peringkat oleh mesin telusur. Dengan cara ini, Anda dapat mengarahkan lalu lintas gratis ke video Anda melalui upaya SEO yang sesuai, seperti menulis judul dan deskripsi yang dioptimalkan, mengintegrasikan subtitel, dll.

Kekurangan
  • Dibutuhkan waktu berjam-jam untuk merencanakan, memfilmkan, dan mengedit video dengan cara yang akan diminta oleh pemirsa. Juga, investasi startup cukup tinggi: Anda memerlukan berbagai peralatan pembuatan film berkualitas tinggi (kamera, mikrofon, perangkat penerangan, stand, dll.)
  • Tentunya, seperti halnya streamer video, blogger video hanya dapat berhasil jika saluran mereka memiliki beberapa fitur yang jelas berbeda: konten unik yang berkaitan dengan niche yang belum dimanfaatkan, atau presenter yang sangat karismatik dan menyenangkan.

# 4 Blogging
Bagi banyak orang, sebuah blog pribadi yang ditulis dengan cara cerdas telah berubah menjadi titik awal untuk sesuatu yang jauh lebih besar: kolom di majalah populer, buku yang diterbitkan sendiri, atau bahkan bisnis milik sendiri.

Kelebihan
  • Untuk tujuan memposting teks Anda, Anda dapat memilih platform blogging gratis, atau bahkan cukup membuat halaman Facebook khusus untuk berbagi tulisan Anda dengan khalayak yang lebih luas. Pada tahap pertama keberadaan blog Anda, Anda juga dapat mempromosikannya secara gratis melalui saluran lalu lintas yang relevan dan strategi SEO yang dipikirkan dengan matang.
  • Jangan lupa bahwa menulis itu sendiri adalah kegiatan yang cukup fleksibel, yang berarti Anda dapat menyisihkan artikel setengah jadi , dan kembali lagi nanti.

Kekurangan
Blog yang menawan harus didedikasikan untuk topik yang disambut hangat oleh pembaca. Jika Anda menulis tentang masalah kecil yang hanya menarik bagi lingkaran sempit teman, kerabat, atau rekan hobi Anda, Anda memiliki peluang rendah untuk berhasil dalam monetisasi blog.

# 5 Bisnis afiliasi
Aktifitas afiliasi adalah menghubungkan pembaca dengan halaman web/ecommers dan mendapatkan uang dari rujukan tersebut.

Kelebihan
  • Program afiliasi bebas untuk bergabung, itulah sebabnya mengapa biaya startup dalam hal ini berjumlah nol.
  • Selain itu, karena Anda bukan pemilik bisnis, Anda bebas dari semua masalah manajerial: semua yang perlu Anda lakukan adalah mematuhi persyaratan program, dan memberikan detail PayPal Anda untuk menerima komisi yang diperoleh.
  • Selain itu, banyak pemilik program memberi peserta akses ke materi promosi yang dikembangkan sebelumnya: jika Anda tidak cukup tahu cara memasarkan program dengan saksama, Anda dapat mengandalkan panduan profesional.
  • Akhirnya, bagi banyak orang, bisnis afiliasi adalah semacam 'pengenalan' kepada internet marketing secara umum: setelah mendapatkan pengalaman yang diperlukan, mereka beralih ke usaha yang lebih ambisius.

Kekurangan
  • Karena (lagi) Anda bukan pemilik bisnis, pendapatan afiliasi Anda semata-mata bergantung pada tindakan penyedia. Jika persyaratan program diubah tanpa pemberitahuan sebelumnya, atau jika penyedia tidak menyetujui metode promosi Anda, Anda dapat dengan mudah mendapatkan banned karena 'ketidakpatuhan'.
  • Selain itu, di sebagian besar program afiliasi, Anda tidak memiliki akses langsung ke uang, dan Anda harus menunggu hingga 60 hari untuk akhirnya menerima komisi yang Anda dapatkan.

# 6 Bisnis dropship
Sejarah memperlihatkan banyak contoh toko dropship berubah menjadi kerajaan ecommerce besar; tetapi, sebelum Anda akhirnya lulus dan mendapatkan kesempatan untuk mencurahkan seluruh waktu Anda untuk proyek besar seperti itu, ada baiknya memulai dengan usaha yang lebih kecil.

Kelebihan
  • Bisnis dropship berfungsi paling baik ketika Anda bersemangat tentang tema yang Anda pilih; Dengan cara ini, Anda benar-benar dapat menghasilkan uang dari hal-hal yang Anda cintai dan hargai secara mendalam
  • Dengan solusi otomatis yang dipilih dengan cermat, Anda dapat melupakan penanganan rutinitas manajemen harian secara manual. 

Kekurangan
Anda harus belajar banyak - dari fitur spesifik pasar dan produk yang Anda pilih untuk kiat pemasaran yang paling sesuai. Namun, ada kabar baik: terdapat panduan yang cukup, panduan video, dan perpustakaan khusus industri untuk membantu Anda mendapatkan pengetahuan yang diperlukan dengan mudah.

Apa lagi yang perlu dipertimbangkan saat Anda mencari ide bisnis terbaik?
Sebelum Anda akhirnya berkomitmen untuk model bisnis online tertentu, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:
  1. Apa tujuan sebenarnya dari meluncurkan bisnis? Apakah Anda hanya ingin mendapatkan penghasilan pendukung, atau Anda juga ingin mendapatkan pengalaman yang berorientasi masa depan dan mengembangkan merek pribadi Anda?
  2. Berapa jumlah waktu rata-rata yang dapat Anda dedikasikan dengan aman untuk bisnis baru Anda tanpa mengorbankan tugas utama Anda?
  3. Apa sumber daya startup (keterampilan, pengalaman, uang, gadget, dll.) Yang Anda miliki saat ini, dan apa yang dapat Anda peroleh dengan mudah?

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda mendapatkan prioritas Anda secara langsung, dan memilih model bisnis online yang benar-benar sesuai dengan kepribadian dan kemungkinan Anda. Semoga Anda beruntung dengan usaha Anda, apa pun arah yang Anda pilih!

Komentar

Postingan Populer